Support

Senin, 10 Maret 2014

Filled Under: , , ,

Air Terjun Tanah Merah


 Air Terjun Tanah Merah



Lokasi wisata ini sangat ideal untuk rekreasi keluarga. Fasilitas yang tersedia antara lain Pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon-pohon peneduh, warung serta areal parkir yang luas. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua/empat, serta angkutan umum trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Wisata Air Terjun Tanah Merah - Merupakan air terjun yang terletak sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda, lebih tepatnya terletak di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Air Terjun Tanah Merah ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air putih yang mengalir dibalik batu-batuanan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tidak jernih.

Warna keruh ini disebabkan oleh komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan yang bercampur dengan air dan menyebabkan air menjadi keruh. Tempat ini adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan keluarga karena dilengkapi pendopo untuk anda beristirahat, yaitu tempat berteduh dengan pohon di sekitar lokasi wanita, warung makan, tempat area parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian.

Air yang putih mengalir dibalik batuan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tak bening.  Warna butek ini dikarenakan komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan bercampur dengan air yang menyebabkan air menjadi keruh

Apabila kita berada dilokasi Air Terjun Tanah Merah, jangan kawatir berjalan menelusuri tempat tersebut. Sebab dilokasi ini dibangun jalan-jalan batu dan semen, sehingga kita tidak akan mudah terpeleset. Menghabiskan waktu di objek Wisata Air Terjun Tanah Merah ini, satu hari terasa begitu cepat. Karena selain kesejukan alam yang dirasakan, tempat tersebut mampu menjadi sarana mempererat hubungan keluarga. Sudah menjadi pemandangan umum, dilokasi tersebut banyak yang menghamparkan karpet sebagai alas tempat duduk dan bersama-sama menyantap hidangan makanan yang sengaja sudah disiapkan dari rumah. Karena Objek Wisata ini sangat cocok sebagai pilihan piknik bersama keluarga. Namun, apabila kita tidak sempat menyiapkan perbekalan makanan untuk berwisata, jangan kawatir, karena dilokasi tersebut terdapat warung makan (kantin) yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang tidak kalah enaknya. Harganya pun terjangkau murah. 

Untuk mencapai obyek wisata Air Terjun Tanah Merah, anda dapat menempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri Sungai Siring yang melewati tempat wisata ini. Akan tetapi akses jalan menuju lokasi air terjun tanah Merah ini belum sepenuhnya diaspal. Sekitar satu kilometer akses jalan masih berbatu sehingga dapat mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Tiket masuk untuk orang dewasa Rp 4.000, anak-anak Rp 2.000, sedangkan parkir untuk motor Rp 1.000 dan roda empat Rp 2.000.

http://www.wafertango.com/index.php?page=readshare-detail&id=1069
http://www.pariwisatakaltim.com/objek-wisata/samarinda/

salam
kalimantantourism  

0 komentar: