Support

Senin, 10 Maret 2014

Filled Under: , , , ,

Kawasan Desa Wisata Budaya Pampang


 Kawasan Desa Wisata Budaya Pampang



Adalah sebuah Taman Budaya Suku Dayak, di area ini dapat dilihat situasi dan keadaan Desa Suku Dayak Kenyah. Desa Budaya Pampang merupakan alternatif bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan suku pedalaman khususnya Suku Dayak Kenyah. Di tempat ini pula dapat dilihat sebuah Lamin yaitu rumah tradisional Suku Dayak, serta beberapa atraksi wisata seni budaya lainya.

Kelurahan Sungai Siring Kecamatan Samarinda Utara (lebih kurang 25 Km dari pusat Kota Samarinda) dapat dicapai dengan kendaraan umum trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Pampang adalah kawasan wisata desa budaya suku Dayak Kenyah yang terletak kurang lebih 20 km dari kota Samarinda. Setiap setahun sekali desa itu mengadakan festival budaya pampang yang kali ini digelar pada tanggal 26 Juni 2008.  Di desa Pampang, terlihat suatu kawasan pemukiman yang dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Konon desa ini terbentuk akibat perpindahan suku Dayak Kenyah dari Apokayan Kabupaten Bulungan melalui Muara Wahau, Long Segar, Tabang, Long Iram Kabupaten Kutai pada tahun 1967. Eksodus dalam kelompok (berjumlah lebih kurang 35 KK) bergerak dari utara menuju selatan hingga pada tahun 1973-an. Ini merupakan alternatif bagi wisatawan dengan waktu terbatas yang ingin melihat kehidupan budaya suku pedalaman khususnya Dayak Kenyah, karena lokasinya yang strategis.

Terdapat rumah adat lamin sebagai pusat kegiatan masyarakat, dengan hiasan ornamen khas Dayak Kenyah. Bagi pengunjung yang berminat dapat masuk ke bagian dalam lamin dengan didampingi masyarakat lokal. Disinilah festival budaya biasanya diadakan dengan berbagai macam penampilan.  Biasanya  pementasan tari (atraksi kesenian) setiap hari minggu pukul 14.00 – 15.00 wita, seperti: kancet punan letto, kancet lasan (gong), hudoq, manyam tali, kancet nyelama sakai, pemung tawai, tari burung enggang, tari leleng, pangpanga. Terdapat penyelenggaraan Upacara Adat Pelas Tahun setiap bulan Juni, sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah berupa panen dari hasil pertanian masyarakat setempat.

Disini juga terdapat beragam souvenir yang dijual di kawasan ini, yang merupakan hasil karya kerajinan tangan masyarakat setempat. Souvernir khas daerah ini adalah kerajinan cucuk manik, anyaman dan ukir kayu dengan produk andalannya adalah mandau. Perkembangan saat ini terdapat variasi souvenir yang sangat beragam.

Terdapat pula stan-stan penjualan souvenir, warung makan, toko kelontong, dan beberapa galeri yang dimiliki masyarakat setempat. Desa Wisata Budaya Pampang berada di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, ± 25 km dari pusat Kota Samarinda, dapat dicapai dengan kendaraan umum trayek Pasar Segiri - Sungai Siring.












 



http://amktruhuirahayuyk.blogspot.com/2013/10/lamin-adat-pemung-tawai-desa-budaya.html 
http://www.pariwisatakaltim.com/objek-wisata/samarinda/


salam 
Kalimantantourism

0 komentar: