Support

Senin, 10 Maret 2014

Filled Under: , , ,

Upacara Pelas Tahun Pampang




Upacara Pelas Tahun Pampang merupakan kegiatan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB) yang telah memberikan anugerah berupa panenan dari hasil pertanian masyarakat.  

Setiap tahun masyarakat Dayak Kenyah di Pampang selalu melaksanakan Upacara Pelas Tahun atau upacara ucapan syukur kepada pencipta atas hasil panen yang baik.
 
Satu lagi ritual yang hingga saat ini masih dilestarikan adalah upacara Junan. Upacara Junan merupakan tradisi yang sudah berumur ratusan tahun, namun hingga sekarang masih tetap dilaksanakan. Junan adalah ritual mengambil gula dari batang tebu dengan cara diperas memakai kayu ulin.
 
Beragam kegiatan yang selalu menjadi agenda aktivitas masyarakat Desa Budaya pampang ini, Setiap Minggu, masyarakat Dayak Kenyah di Desa Pampang selalu menggelar pertunjukan budayaseperti Kancet Lasan, Kancet Punan, Kancet Nyelama Sakai, Enggang Terbang, Manyam Tali, dan masih banyak lagi.
 
Biasanya lokasi pertunjukan tersebut dilaksanakan di bangunan Lamin Adat (rumah adat suku Dayak), Bangunan Lamin yang megah dan penuh dengan ukir-ukiran khas Dayak akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang datang berkunjung.
 
Bagi Anda yang berniat mengunjungi Desa Budaya Pampang, Anda dapat berangkat dari Kota Samarinda atau Kota Bontang. Dari Samarinda, perjalanan ke desa ini dapat ditempuh sekitar 40 menit.
 
Sedangkan dari Bontang, Anda akan memerlukan waktu lebih banyak, kurang lebih 2 jam perjalanan melewati jalan raya Samarinda-Bontang. (Punk)

http://www.wisatanews.com/more.php?id=1195
http://www.pariwisatakaltim.com/objek-wisata/samarinda/ 

Salam 
Kalimantantourism 

0 komentar: