Support

Rabu, 12 Maret 2014

Filled Under: , , , ,

Wisata Sejarah Meriam Peninggalan Jepang Kota Balikpapan

kalimantantourism

Berada dikawasan Asrama Bukit Kelurahan Kampung Baru Ilir (Sidodadi) kurang lebih 8 km dari pusat kota. Meriam ini menggambarkan bahwa saat perang dunia II merupakan tempat strategis untuk bertahan. Luas area kurang lebih 2.500 m2, dan dari tempat ini dapat dilihat pemandangan Kota Balikpapan yang tertutup rimbunan pepohonan. Untuk dapat menuju lokasi ini dapat dicapai dengan angkutan kota no.5 dan no.6.  


Meriam jepang ini merupakan peninggalan Kaigun, Angkatan Laut Jepang pada masa PD II yang dilindungi oleh Undang-Undang. Meriam Jepang ini dulunya digunakan sebagai senjata pertahanan pihak jepang terhadap pihak belanda dalam merebutkan wilayah sumur minyak yang berada di kota balikpapan.

Dari beberapa informasi yang didapat, dalam sejarahnya meriam jepang ini berhasil menewaskan ratusan tentara Australia pada saat mereka melakukan pendaratan. Meriam ini juga menggambarkan bahwa Kota Balikpapan pada saat Perang Dunia II merupakan tempat yang strategis untuk pertahanan.

Dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan kota Balikpapan, Kilang Minyak dan teluk Balikpapan. Dan akan lebih cantik pada malam hari. Meriam tersebut berada di tanah lapang yang dipagari dengan pagar besi. Pembatas itu sengaja dibuat agar tidak sembarangan orang masuk apalagi sampai bermain di dalam area situs bersejarah tersebut.

Namun sayang, kepedulian warga sekitar terhadap tempat bersejarah tersebut sungguh masih kurang. Terlihat pada sore hari dimana banyak anak-anak di kawasan tempat bersejarah tersebut justru bebas bermain. Juga tampak beberapa anak terlihat nekat untuk keluar masuk kawasan ini dengan memanjat pagar. Untuk kondisi meriam itu sendiri terlihat masih begitu terawat. Akses untuk menuju tempat bersejarah ini pun begitu susah, tidak ada penunjuk arah jalan untuk menuju tempat tersebut.
Ditulis Oleh : Rizal Abdillah
 http://www.pariwisatakaltim.com/objek-wisata/balikpapan/
http://portalbalikpapan.com/meriam-peninggalan-jepang-yang-dilupakan/

Salam 
Kalimantantourism

0 komentar: