Support

Rabu, 12 Maret 2014

Filled Under: , , , , ,

Wisata Taman Bekapai Balikpapan Jl. Jend. Sudirman



Wisata Taman Bekapai Balikpapan Jl. Jend. Sudirman

Jika anda ingin berkunjung ke Taman Bekapai Balikpapan di Jl. Jend. Sudirman lebih asik pada sore hari dan malam hari, kita bisa melihat hiasan lampu dimalam hari yang terdapat di sekitar taman. banyak para pengunjung yang mampir untuk jalan-jalan santai berkeliling untuk menikmati taman Bekapai di kota Balikpapan.

 



Taman Bekapai adalah sebuah taman kota yang terletak di jalan protokol di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tepatnya taman ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman. Oleh karena itu taman ini mudah diakses dari mana saja, karena ada banyak kendaraan umum dengan berbagai jurusan yang melewati Jl. Jenderal Sudirman. Menemukan Taman Bekapai menjadi lebih mudah lagi dengan adanya kantor PLN yang berada diseberang taman. Kantor PLN ini mempunyai logo mencolok yang mudah dikenali dan bisa menjadi patokan ketika ingin pergi ke Taman Bekapai. 

Karena Taman Bekapai terletak di jalan protokol, maka anda bisa menemui berbagai bangunan kantor ketika sedang menuju ke arah taman. Tidak jauh dari lokasi taman, terdapat beberapa hotel berbintang, seperti Novotel, Mega Lestari, dan Grand Senyiur.Pengunjung tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya tertentu untuk mengunjungi Taman Bekapai. Karena ini merupakan fasilitan publik yang disediakan secara gratis oleh Pemkot Balikpapan. 

Ada teras yang merupakan akses masuk menuju ke bagian dalam Taman Bekapai. Teras untuk pejalan kaki ini dibagi menjadi dua bagian dengan pembatas berwarna putih ditengahnya. Pembatas ini dibuat dengan menyusun batu-batu kali berukuran sekepal tangan orang dewan dan disemen agar menyatu dengan teras. Karena pembatas ini terbuat dari susunan batu yang bundar, beberapa pengunjung ada yang sengaja melepaskan alas kakinya untuk berjalan diatas pembatas. Mungkin itu dilakukan untuk merefleksikan telapak kaki menggunakan sisi pembatas yang dipenuhi dengan batu yang menonjol.

Teras utama yang berawal di pintu masuk terhubung dengan track dengan lebar lebih kecil. Track ini memenuhi bagian taman dengan pola berbentuk persegi. Pada kedua sisi track ditumbuhi oleh tanaman sawit, palem, dan juga beberapa pohon berkulit keras lainnya. Bila track tertutup oleh semen, maka kedua sisinya dibiarkan tanpa beton agar air dapat meresap dengan mudah. Hanya terlihat rumput yang tumbuh di permukaan tanah taman dan tanaman hias yang disusun rapi sehingga membentuk pola tertentu.

Pada bagian tengah Taman Bekapai terdapat sebuah instalasi seni modern. Kawan besi panjang dililitkan sedemikian rupa sehingga membentuk salur-salur. Bila diperhatikan salur ini mirip dengan gerakan cairan yang menyembur keluar dari permukaan tanah. Memang sebenarnya instalasi seni ini merupakan representasi dari semburan cairan. Tepatnya cairan minyak yang keluar dari dalam tanah akibat perbedaan tekanan. Instalasi seni dengan bentuk seperti itu dipilih, karena Taman Bekapai dibangun oleh perusahaan minyak bernama PT Total E&P yang mempunyai kantor pusat di Kota Balikpapan.

Instalasi seni yang merepresentasikan semburan minyak di Taman Bekapai dikelilingi oleh kolam kecil berbentuk lingkaran. Didalam instalasi seni yang disebutkan sebelumnya, disembunyikan pancuran air. Pancuran akan mengeluarkan air yang percikannya akan tumpah di kolam. Selain mempercantik taman, pancuran ini akan mendinginkan udara disekitarnya. Sehingga udara menjadi lebih sejuk. Terutama pada saat matahari sedang tinggi di siang hari. Melihat pancuran air di Taman Bekapai menjadi lebih nyaman, karena sudah disediakan tempat duduk disekitar kolam. Jadi pengunjung bisa bersantai disini sambil mengobrol dengan teman mereka.

Bangki yang ada di Taman Bekapai menjadi agak teduh karena ada dedaunan pohon rindang diatasnya. Pohon ini ditanam tepat pada sebidang tanah dibelakang bangku. Jadi daun pohon tersebut yang menjulur diatas bangku menjadi semacam kanopi untuk berteduh bagi mereka yang sedang duduk di bangku taman. Pada bagian pohon terdapat tanaman lain yang berukuran lebih kecil. Pohon berikut tanaman yang tumbuh didekatnya menambah keindahan Taman Bekapai.

Tidak jauh dari bangku taman yang ada disekitar kolam, terdapat sebuah peta yang diukur diatas batu marmer. Peta ini memberikan informasi dalam bentuk titik pada peta yang memberitahukan dimana lokasi taman berada. Dengan kata lain dimana lokasi pengunjung yang sedang membaca peta tersebut.

PT Telkom telah melengkapi Taman Bekapai dengan fasilitas wifi publik. Oleh karena itu mereka yang mempunyai perangkat mobile dengan dukungan wifi bisa terhubung Internet secara gratis bila berkunjung ke Taman Bekapai. Ada pengunjung yang sengaja ke taman hanya untuk ber-Internet ria. Beberapa diantara mereka malah ada yang sudah datang semenjak pagi hari dengan perangkat laptop ke Taman Bekapai.

Pada salah satu sisi taman pada bagian luarnya, terdapat para pedagang yang menjajakan berbagai jenis makanan. Para pedagang menyusun meja dan kursi plastik yang mereka bawa sehingga memudahkan pengunjung yang ingin makan dan minum. Makan bersama keluarga atau teman dengan latar belakang berupa keramaian taman bisa membawa suasana kumpul yang menyenangkan.

Ditengah bangunan besar di pusat Kota Balikpapan, Taman Bekapai bisa menjadi semacam ground zero untuk menenangkan diri sejenak. Apalagi beberapa fasilitas pendukungnya, membuat banyak pengunjung yang betah berlama-lama untuk berada di Taman Bekapai. Jika perut terasa lapar, tidak perlu beranjak jauh dari taman. Karena disebelah taman sudah ada penjaja makanan lengkap dengan gerobaknya. Tepatlah bila taman ini diberi nama Bekapai. Karena kata itu mempunyai arti “Santai”.

http://jalan2.com/city/balikpapan/taman-bekapai/
http://www.pariwisatakaltim.com/objek-wisata/balikpapan/

Salam
Kalimantantourism
 

0 komentar: