Support

Minggu, 06 April 2014

Filled Under: , , , , , , ,

Museum Mulawarman

Kalimantan Tourism  




 Museum Mulawarman Kutai Kartanegara

Istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1935. Didalam museum tersimpan benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta koleksi-koleksi benda bersejarah lainnya.

Terletak di Kota Tenggarong lebih kurang 45 km dari Kota Samarinda, dan 110 km dari Kota Balikpapan. Museum ini diresmikan tanggal 25 Nopember 1971 oleh Gubernur Kalimantan Timur (H.A.Wahab Syahranie) dan diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 18 Februari 1976. Terdapat koleksi tua Gamelan, Setinggi (Singgasana), Meriam Sapu Jagat serta koleksi dari Sultan Butungan, Sultan Pasir, Sultan Samba Liung dan Sultan Gunung Tabur. Makam Raja Kutai terletak di samping museum.

Bangunan museum Mulawarman merupakan bekas Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1936. di dalam museum dapat dijumpai beraneka macam keramik kuno, patung Lembu Suana, koleksi benda bersdejaah peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara, benda-benda budaya dari daerah Kutai, koleksi mata uang kuno, dan sebagainya. Museum ini terbuka setiap hari untuk umum, kecuali hari Senin.

 smbr:http://www.kaltimprov.go.id/objek-wisata

Salam 


Kalimantan Tourism

0 komentar: